Oktober 11 2019 0Comment

Tingkatkan Infrastruktur Jalan di Lingkar Pati dengan Menambah 2 Lajur

Pelebaran Menambah Lajur di Lingkar Pati termasuk dalam lingkup pekerjaan Paket Preservasi Rehabilitasi Trengguli – Kudus – Pati – Rembang – Bulu (MYC). Terdapat 6 lingkup pekerjaan lainnya yaitu Rehabilitasi Jalan, Pemeliharaan Rutin Jalan, Rehabilitasi Jembatan, Pemeliharaan Berkala Jembatan, Pelebaran Jembatan dan Pemeliharaan Rutin Jembatan. Total dari panjang penanganan paket Long Segmen ini yaitu 117,74 Km dengan kontrak senilai 143 miliar dlaksanakan oleh penyedia jasa PT. Deltamarga Adyatama.

Sepanjang 12,27 Km Lingkar Pati sudah memenuhi standar jalan yakni dengan 4 lajur sepanjang 7,07 Km, sedangkan sepanjang 5,2 Km masih 2 lajur dan masuk dalam penanganan Tahun Anggaran 2019. Penambahan 2 lajur Lingkar Pati merupakan bagian dari Jalur Pantura yang berperan penting bagi pergerakan orang dan logistic di Pulau Jawa.

“Pelebaran menambah lajur ini akan dipisahkan dengan median dan  dilengkapi dengan PJU (Penerangan Jalan Umum). Progress hingga tanggal 5 Oktober 2019 telah mencapai 73,9 persen” jelas Suratno, PPK Trengguli – Kudus – Pati – Rembang – Bulu.

Perkerasan aspal untuk lajur pelebaran dengan tebal 27 cm yang terdiri dari 22 cm AC BC dan 5 cm AC WC. Pekerjaan AC BC Modifikasi telah selesai dan  dilanjutkan pekerjaan AC WC modifikasi. Pekerjaan yang sedang berlangsung saat ini  antara lain menggelar aspal AC-WC Modifikasi, pekerjaan pemasangan kerb median dan pekerjaan pembuatan talud.

Suratno mengatakan, “Sebenarnya pemasangan talud diperlukan sepanjang pelebaran menambah lajur ini, namun karena dana terbatas kita memilih beberapa tempat yang paling membutuhkan”.

Suratno juga menjelaskan bahwa tidak ada kendala terkait lahan, karena lahan untuk pelebaran  jalan sudah bebas sejak lama. Dengan sisa pekerjaan aspal untuk pelebaran ini  diperkirakan hanya membutuhkan waktu 20-25 hari. Selain perkerasan jalan, juga dilakukan pemasangan median, pemasangan penerangan jalan dan terakhir pengecatan marka jalan.

Untuk memperlancar arus lalu lintas selama pekerjaan pelebaran ini berlangsung maka dilakukan  pengalihan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup jalan. Pihak PPK juga siap berkoordinasi dengan Satlantas setempat apabila terjadi kemacetan kendaraan yang panjang.

Pelebaran 3 Jembatan di Lingkar Pati

Sepanjang 5,2 Km pelebaran jalan terdapat 3 jembatan yang akan dilebarkan di Lingkar Pati yakni Jembatan Ngawen, Jembatan Nambuan dan Jembatan Jetak. Panjang jembatan yang dilebarkan 10,5 meter dengan konstruksi yang sama menggunakan balok T.

“Progress saat ini untuk lingkup pelebaran jembatan pekerjaan bangunan bawah dan abutment sudah selesai ke 3 jembatan. Untuk jembatan Ngawen saat ini sedang dilakukan pembesian balok dan lantai jembatan. Untuk Jembatan Jetak telah diselesaikan pembesian balok dan lantai, pengecoran dijadwalkan hari  Jum’at minggu ini. Sedangkan jembatan Nambuhan saat ini pemasangan scafolding untuk balok dan lantai jembatan.  Setelah pekerjaan lantai selesai akan dilanjutkan pekerjaan pelapisan aspal diatas lantai jembatan dengan lapisan AC WC Modifikasi setebal 5 cm, imbuh Suratno.

Rencananya Jembatan Jetak yang sisi B (kanan) juga akan dilakukan perbaikan karena kondisi saat ini lantai jembatan terjadi kerusakan berupa retak memanjang pada setiap joint voided slabnya. Perbaikan yang akan dilakukan berupa penambahan sir konector dan pembesian diatas voided slab untuk dilakukan pengecoran  kembali. (ck)

administrator

Write a Reply or Comment