September 27 2018 0Comment

Jembatan Luk Ulo Telah Menyambungkan Tambakmulyo-Wawar

Pembangunan Ruas jalan baru Tambakmulyo – Wawar (Lot 1) yang masuk dalam Jalur Jalan Lintas Selatan di Kabupaten Kebumen telah dilaksanakan sejak Agustus tahun 2015. Paket pembangunan ini masuk dalam proyek Regional Roads Development Project (RRDP) yang didanai loan IDB (Islamic Development Bank Group).

Tujuan dari proyek RRDP lintas selatan ini adalah untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan secara berkelanjutan di Jawa bagian selatan khususnya pada area-area proyek tersebut serta mempromosikan daerah pariwisata. Output yang ingin dicapai adalah peningkatan jangkauan dan keterhubungan transportasi.

Kabupaten Kebumen sendiri dalam Musrenbangwil se-eks Karesidenan Kedu (21/3/2017) disebut sebagai Kabupaten termiskin kedua di Jawa Tengah. Tingkat investasi di Kabupaten Kebumen juga sempat dinilai belum siap menerima investor. Pembangunan infrastruktur jalan hanya terpusat di pusat kota Kebumen dan sebagian kecil wilayah Gombong. Hal ini lah yang menjadi latar belakang pentingnya pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Kebumen dan wilayah selatan Jawa.

Kabupaten Kebumen sendiri memiliki potensi wisata yang perlu dikembangkan dan didukung oleh infrastruktur jalan yang memadai. Sepanjang garis pantai yang berada di Kabupaten Kebumen adalah potensi pariwisata yang sedikit demi sedikit mulai dikembangkan oleh masyarakat seiring geliat pembangunan infrastruktur jalan di jalur lintas selatan (pansela).

Paket Pembangunan Jalan Lot 1 Tambakmulyo-Wawar berada di bawah kewenangan PPK Jladri – Tambakmulyo – Congot yang dilaksanakan konstruksinya oleh PT. Pembangunan Perumahan (Persero) – PT. Armada Hada Graha, JO serta disupervisi oleh konsultan PT. Botek Bosphorus Technical Consulting Grup – Turki. Total ruas yang dibangun adalah 38,494 Km dengan lebar perkerasan jalan sesuai dengan desain adalah 6,5 meter. Panjang tersebut mencakup Jembatan Luk Ulo (180 meter).

Ruas Tambakmulyo – Wawar yang harus melintasi Sungai Luk Ulo telah terhubung dengan selesainya pekerjaan Jembatan Luk Ulo. Struktur jembatan ini adalah pilar beton dengan rangka girder beton. Pondasi jembatan menggunakan metode steel pipe pile diameter 60. Jembatan Luk Ulo yang berada di STA 17+250. (lu)

STA Akhir (Wawar)
Lokasi: Kebumen

administrator

Write a Reply or Comment